Senin, 08 Juni 2009

Mengenal Nondestructive Testing atau NDT


Test tanpa merusak atau NDT didefinisikan sebagai metode test untuk menguji suatu obyek, material atau sistem tanpa mempengaruhi kegunaannya setelah dilakukan pengujian. Umumnya istilah NDT diaplikasikan untuk penyelidikan integritas material diluar bidang medis. Sehingga pemakaian teknologi tertentu bisa dimasukkan sebagai NDT bisa juga tidak tergantung pada tujuannya. Misalnya, radio astronomi, pengukuran tegangan dan arus, pengukuran flow (rheometry) merupakan pengukuran yang tidak merusak akan tetapi tidak dikategorikan NDT jika tujuannya tidak dikhususkan pada material tertentu. Contoh lainnya, radar dan sonar termasuk NDT jika digunakan untuk menginspeksi suatu bendungan, jika digunakan untuk pemetaan dasar sungai maka tidak dikategorikan NDT.

NDT menanyakan " Apakah ada yang salah dengan benda atau alat ini?", sedangkan test yang lain menanyakan " Apakah benda atau alat ini bisa beroperasi?", hal ini jelas dua tipe test yang berbeda. Sehingga memeriksa fungsi suatu rangkaian dengan mengalirkan arus listrik di rangkaian tersebut maka hal itu bukan termasuk NDT, tetapi memeriksa rangkaian listrik dengan termografi maka hal itu termasuk NDT.
Sejumlah penyelidikan kondisi material dengan mengambil potongan sampling dari material yang diselidiki jelas bersifat merusak. Hal ini bisa bersifat tak merusak jika samplingnya bisa dikembalikan ke material semula, misalnya sampling baut dari konstruksi baja, setelah di selidiki kemudian dipasang lagi, ini dapat dikategorikan sebagai NDT. Sampling oli dari mesin pada dasarnya bersifat tidak merusak, jika dikembalikan sesuai takarannya, akan tetapi akan merusak jika oli samplingnya kemudian dibuang sehingga takaran oli mesin berkurang.

Comments :

0 komentar to “Mengenal Nondestructive Testing atau NDT”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda