Sabtu, 02 Mei 2009

Aplikasi Termografi di Substation


Substation adalah ruangan tempat peralatan-peralatan listrik yang fungsi utamanya adalah untuk mengatur tingkat tegangan (bisa dinaikkan, bisa diturunkan) supaya sesuai dengan kebutuhan saluran transmisi atau distribusi. Substation ini ada yang terbuka (outdoor, misalnya substationnya PLN, ada juga yang tertutup (indor),misalnya substation yang di pabrik-pabrik. Peralatan listrik yang terdapat di substation antara lain
Transformator dan assesoris-assesorisnya, Circuit breaker, Lightning Arrester, PT (Potential Transformer) dan CT (Current Transformer), Insulator/Bushing, Peralatan control dan Busbar.
Apa-apa yang difoto pada suatu transformator, anda bisa baca disini. Tipe circuit breaker ada yang outdoor, ada yang indor. Media insulasinya ada yang berupa oli dan ada yang berupa gas SF6. Untuk yang outdoor, supaya diambil foto inframerah pada tempat (baut) koneksi antara bushing dan konduktor (gambar diatas), kebocoran oli supaya juga diperhatikan. Untuk circuit breaker yang indor biasanya koneksi tertutup di dalam lemari panel, sehingga diperlukan infrared windows untuk mengintip koneksi ini, tetapi jika ada masalah berat dapat dideteksi melalui suhu lemari panel. Lighning arrester terpasang pada sisi feeder tegangan yang tinggi dan sisi feeder tegangan rendah. Masalah pada lightning arrester ini diindikasikan kenaikan suhu yang hampir merata pada arrester. Pada PT dan CT, inspeksi diarahkan pada koneksi-koneksinya dan kelembaban pada alat tersebut harap diperhatikan. Pada bushing seringkali terjadi hotspot pada cuping insulator dan koneksi-koneksinya. Pada peralatan kontrol di lihat juga koneksi-koneksi serta temperatur kabel power dan kontrolnya. Inspeksi busbar bisa dilihat disini.
Selamat bertermografi

1 komentar:

  1. Syiip boss artikelnya. saya juga pelaku PdM, jadi perlu banget artikel-artikel seperti ini

    BalasHapus

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda