Minggu, 15 Maret 2009

Inspeksi Busbar


Busbar dapat terbuat dari campuran tembaga atau alumunium yang dipoles. Sehingga permukaannya biasanya licin mengkilap. Sudah tentu emisivitasnya tidak begitu tinggi, untuk tembaga yang dipoles tapi belum teroksidasi sekitar 0.07 tetapi jika teroksidasi sampai dengan o.87 pada suhu sekitar 38 degC. Problem yang dijumpai biasanya pada sambungan antara busbar dengan busbar atau tap-tapan terminal kabel. Batas suhu maksimumnya dibatasi tipe sambungannya, untuk sambungan baut s.d 250 degC sedangkan sambungan las bisa mencapai 450 degC. Tetapi acuannya adalah pola panas pada sambungan dan besarnya arus beban, jika terlihat sedikit lebih panas dari busbarnya ada kemungkinan sambungan kendor meskipun besar arus bebannya masih kecil. Ingat besarnya panas sebanding kuadrat arus. Untuk busbar yang tidak dapat dilihat langsung karena ada covernya atau di dalam bus duct, maka inspeksi diarahkan pada panas cover atau bus duct itu sendiri. Panas cover atau bus duct dapat mewakili masalah busbar karena letaknya berdekatan dengan bus duct atau covernya.

Comments :

0 komentar to “Inspeksi Busbar”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda