Sabtu, 21 Maret 2009

Inspeksi Kabel Power


Inspeksi kabel power terutama diarahkan untuk melihat indikasi kerusakan yang terjadi pada kabel. Indikasi kerusakan yang dapat terjadi pada kabel power adalah s.b.b:

  • Kerusakan mekanis pada perisai kabel yang disebabkan tekanan mekanis, pecah yang disebabkan tekukan tajam atau getaran.Tergantung lingkungannya pemilihan jenis kabel harus tepat
  • Perisai kabel yang berkarat yang disebabkan sifat tanah, keasaman pipa atau terjadi kontaminasi kimia di tanah
  • Bahan isolasi yang lembab, timbul karena perisai kabel pecah/retak. Dapat diketahui dari kertas yang lembab, kotoran di bagian dalam perisai kabel, air, debu putih pada konduktor aluminium.
  • Pemanasan dalam kabel karena beban lebih, ambient temperatur tinggi, kurangnya pendinginan, kabel menempel /terlalu dekat dengan kabel lain. Jangan sampai lebih panas dari yang diizinkan karena dapat menurunkan umur isolasi

Bila kabel rusak, isolasinya dapat menjadi lemah sehingga terjadi kebocoran arus. Bila kebocoran makin besar dapat terjadi hubung singkat antar fasa, fasa ke tanah atau tiga fasa ke tanah, bila tak terdeteksi oleh pemutus pengaman maka secara visual tampak bahwa:
  1. Perisai kabel akan menggelembung
  2. Ada jejak-jejak seperti akar pohon pada kabel
  3. Terjadi seperti lelehan lilin atau bahan polimer
  4. Terjadi pengurangan bahan kompon di lapisan isolasi kabel power

Comments :

0 komentar to “Inspeksi Kabel Power”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda