Jumat, 06 Maret 2009

Inspeksi Transformator dengan Kamera Inframerah


Inspeksi pada trafo difokuskan pada bagian-bagian trafo yang dimungkinkan dapat bermasalah. Bagian trafo yang dapat bermasalah adalah :


  1. Koneksi yang kendor di terminal bushing. Jika ada yang kendor. koneksi akan terjadi panas lebih walaupun beban dalam kondisi normal. Sehingga gambar inframerah akan menunjukkan terminal bushing kondisi panas, sedangkan porselinnya dalam kondisi panas yang normal.

  2. Aliran oli trafo yang mampat di radiator/cooler-nya. Apabila ada masalah mampat terlihat temperatur yang seragam pada sisi cooler trafo. Gambar radiator yang normal ada di cooler trafo in thermal view.

  3. Panas lebih di tap changer. Dalam kondisi normal, dimana tap changer sedang tidak beroperasi, tangki utama trafo lebih panas dibandingkan bagian kompartemen tap changer karena adanya pemanasan rugi winding dan arus edi di winding dan intinya. Jika kondisi menunjukkan sebaliknya berarti ada masalah di tap changer.

  4. Level oli di trafo atau di bushing. Gambar inframerah akan menunjukkan daerah perbatasan yang menunjukkan seberapa tinggi level oli, yang bagian lebih terang menunjukkan ada oli sedangkan yang gelap menunjukkan bagian yang tidak terkena oli.

Mungkin ada tambahan bagian yang lain, silahkan memberikan komentar.

Comments :

0 komentar to “Inspeksi Transformator dengan Kamera Inframerah”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda