Sabtu, 10 Januari 2009

Spesifikasi Kamera Inframerah 1

Kamera inframerah atau sering disebut sebagai thermal imager memiliki sejumlah spesifikasi yang menunjukkan kemampuannya. Sebelum membeli sebuah kamera inframerah ada baiknya mengetahui spesifikasi sebuah kamera sebagai referensi harganya. Berikut ini definisi spesifikasi-spesifikasi umum dari kamera inframerah

  • Temperature resolution
    Resolusi suhu ini menunjukan kemampuan kamera inframerah untuk membedakan suhu-suhu yang berdekatan. Jelas semakin kecil nilai resolusi suhu ini maka tingkat ketelitian gambar thermalnya akan makin tinggi. Contohnya : 0.04 degC @ 30 degC, pada suhu 30 derajat celcius kamera akan mendeteksi perbedaan suhu terkecil sebesar 0.04 derajat celcius.
  • Accuracy
    Akurasi ini menunjukkan tingkat toleransi atau batas perbedaan suhu antara suhu yang ditunjukkan oleh kamera inframerah dengan suhu obyek yang sebenarnya. Contohnya : ± 1.5 deg C atau ± 1.5 %, yang berarti toleransi suhu yang ditunjukkan kamera maksimal sebesar 1.5 derajat celcius dari suhu obyek .
  • Detector
    Detektor ini biasanya menunjukkan tipe dan struktur bahan detector. Misalnya : microbolometer Uncooled Focal Plane Array 320x240 pixel Vanadium Oxide.
  • Spectral Range
    Batasan spektrum menunjukkan batasan panjang gelombang inframerah yang dapat ditangkap oleh kamera inframerah. Misalnya : 8 s.d 14 micron
  • IFOV (Instantenous Focus Of View)
    IFOV ini menunjukkan tingkat ketelitian deteksi kamera inframerah pada jarak tertentu. Misalnya : 2 mrad berarti obyek terkecil yang terdeteksi oleh kamera inframerah berukuran 2 x 2 mm pada jarak 10 meter.
  • FOV (Field Of View)
    FOV ini menunjukkan sudut pandang dari kamera inframerah. Misalnya : 27 deg (H) x 20 deg (V), H = horizontal V= vertical.
  • Focusing Range
    Daerah fokus ini menunjukkan jarak ukur yang tercakup oleh kamera inframerah. Misalnya : 40 cm to infinity yang berarti kamera mampu mencakup mulai jarak obyek 30 cm hingga jarak tak terhingga.

Comments :

0 komentar to “Spesifikasi Kamera Inframerah 1”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda