Kamis, 08 Januari 2009

Menentukan Emisivitas

Cara penentuan emisivitas adalah sebagai berikut :

  1. Dengan menggunakan tabel yang ada
    Pada sejumlah literatur atau buku biasanya tersedia tabel emisivitas. Akan tetapi kondisi-kondisi pengukuran biasanya tidak identik benar sehingga tidak dapat langsung diaplikasikan. Dalam sejumlah hal tabel emisivitas hanya digunakan sebagai acuan atau referensi saja.
  2. Dengan menggunakan perbandingan cara 1
    Suatu thermometer tipe kontak dapat digunakan untuk memastikan objek terukur dalam kondisi kesetimbangan panas sehingga dapat diasumsikan sebagai benda blackbody pada saat temperaturnya sama. Objek tersebut kemudian diukur dengan thermometer radiasi . Hasilnya kemudian dibandingkan untuk menentukan emisivitas sebagai berikut :
  • EK : ES = 1 : e
  • EK = Energi dari benda blackbody
  • ES = Energi dari benda yang diukur
  • e = Emisivitas dari benda yang diukur
  1. Dengan menggunakan perbandingan cara 2
    Suatu benda, dibikin mirip blackbody, dipasang di sumber panas sehingga temperatur blackbody dan sumber panas menjadi sama. Emisivitas diperoleh dengan membandingkan seperti perbandingan cara 1
  2. Dengan menggunakan perbandingan permukaan blackbody cara 1
    Suatu lubang yang sangat kecil dibuat pada benda yang diukur untuk menyerupai kondisi blackbody, dan untuk membuat temperatur objek seragam. Kemudian , dengan menggunakan fungsi pengaturan emisivitas pada kamera inframerah (Thermal Imager), emisivitas diturunkan sampai temperatur yang ditunjukkan sama dengan temperatur pada lubang saat emisivitasnya 1. Setting emisivitas tersebut merupakan emisivitas objek.
  3. Dengan menggunakan perbandingan permukaan blackbody cara 2
    Jika lubang yang kecil tidak dapat di buat pada obyek, maka emisivitas dapat diperoleh dengan mengecat warna hitam (atau isolasi warna hitam) pada obyek dan emisivitas diperoleh melalui prosedur yang sama. Akan tetapi obyek yang dicat tidak akan mirip blackbody yang sempurna, sehingga perlu ditetapkan terlebih dahulu emisivitasnya kemudian temperatur obyek baru dapat diukur. Di bawah ini contoh emisivitas benda yang diwarnai hitam
  • Heat-Resistant Paint (Black) 0.96 8 s.d . 13 mikro m
  • Heat-Resistant Paint (Black) 0.95 3 s.d. 5.3 mikro m
  • Niflon Tape 0.94 8 s.d 13 mikro m

Comments :

0 komentar to “Menentukan Emisivitas”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda