Senin, 26 Januari 2009

Transfer Kalor


Transfer adalah perpindahan, sedangkan kalor didefinisikan sebagai energi panas yang berpindah. Jadi transfer kalor adalah proses perpindahan energi panas.
Transfer kalor, seperti yang sudah sering kita dengar, terjadi dalam tiga cara:

  1. Konduksi
  2. Konveksi
  3. Radiasi.


Konduksi terjadi pada media yang tidak bergerak atau diam. Konduksi terjadi karena getaran atom benda padat atau tumbukan molekul pada benda cair atau gas, yang berarti proses konduksi terjadi pada benda padat, cair dan gas. Aliran energi panas berlangsung dari bagian yang bersuhu tinggi (energi molekulnya lebih tinggi) ke bagian yang bersuhu lebih rendah (energi molekulnya lebih rendah). Sehingga konduksi terjadi dengan sifat-sifat sebagai berikut :

  • Terjadi jika ada perbedaan suhu
  • Tingkat kecepatan aliran energi sebanding dengan perbedaan suhu antara permukaan
  • Tingkat kecepatan aliran energi tergantung pada ukuran dan bentuk benda
  • Tingkat kecepatan aliran energi tergantung pada jenis bahan benda

Yang membedakan sifat bahan antara lain adalah sifat konduktor atau sifat insulator. Hal ini dibedakan oleh konduktivitas panasnya. Tembaga dan alumunium disebut konduktor sedangkan karet, kayu dan udara disebut insulator.


Konveksi adalah transfer kalor melalui media fluida yang bergerak. Konveksi terjadi karena pemindahan energi dari atau ke permukaan benda yang dipengaruhi proses gabungan antara proses konduksi dan gerakan fluida. Konveksi alami terjadi jika proses pemindahan energi panas hanya disebabkan oleh perubahan kerapatan fluida sehingga fluida bergerak misalnya bergerak ke atas karena lebih ringan. Konveksi paksa terjadi dengan adanya faktor eksternal seperti angin yang menggerakkan fluida


Radiasi terjadi jika proses perpindahan energi panas menggunakan pancaran radiasi elektromagnet. Transfer kalor secara radiasi memiliki sifat-sifat sbb.

  • Merambat dengan kecepatan cahaya
  • Biasanya tidak menembus benda padat atau cair
  • Bisa terjadi melalui ruang hampa atau gas
  • Energi yang mengalir sebanding dengan pangkat 4 selisih suhu antar benda

Comments :

0 komentar to “Transfer Kalor”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda