Selasa, 27 Januari 2009

Kamera Inframerah


Kamera Inframerah pada umumnya terdiri dari enam bagian :

  1. Optik, Filter
  2. Detektor
  3. Bagian Elektronik
  4. Tampilan
  5. Baterai
  6. Aksesoris

Optik kamera inframerah sama saja dengan kamera pada umumnya. Fungsi optik ini untuk menangkap dan memusatkan energi yang datang ke detektor. sistem optik ini berguna sebagai penguat bagi detektor sehingga radiasi yang lebih kecil akan dapat ditangkap oleh detektor. Bahan pembuat lensa bermacam macam diantaranya : Silikon (Si), Germanium (Ge), Zinc Selenide(ZnSe), Sapphire(Al2O3), Kalsium Flourida. Lensa biasanya dilapisi oleh lapisan anti pantul yang sangat tipis. Lapisan anti pantul ini mudah tergores dan rusak oleh bahan kimia yang bersifat korosif, sehingga perawatannya harus ekstra hati-hati.


Detektor kamera inframerah dapat dibedakan dua macam. Yaitu detektor termal dan detektor photon. Detektor termal bersifat menyerap radiasi sebagai panas kemudian kenaikan panasnya akan diubah menjadi sinyal-sinyal output. Detektor termal bersifat menyerap semua panjang gelombang inframerah, Respon spektrumnya (Spectral response) dibatasi oleh sistem optiknya. Detektor photon akan menggerakkan elektron-elektron jika ada radiasi inframerah yang masuk. Elektron-elektron tersebut kemudian diubah menjadi arus listrik melalui alat beda potensial (photo-konduktif) atau melalui hubungan positip negatif (photo-voltaic). Beberapa sifat detektor yang membedakan kamera yang satu dengan yang lain adalah Spectral Response-nya, focal plain array-nya, Sistem pendinginan-nya dan tipe elemennya.


Bagian elektronik berfungsi mengolah sinyal dari detektor menjadi suatu gambar yang dimengerti penggunannya. Bagian ini memiliki mocroprossesor yang akan mampu berkalibrasi jika suhu bagian dalam kamera berubah.


Tampilan dapat berupa monitor LCD atau lubang intip yang kecil dengan layar di dalamnya atau kacamata.


Baterai yang sering digunakan adalah jenis Lithium Ion atau Nickel-Metal hybride. Baterai ini dapat di charge kapan saja tidak perlu menunggu muatan baterainya habis, lama menchargenya kurang lebih satu jam-an.


Aksesoris kamera inframerah bermaca-macam antara lain Telephoto lens yang berguna jika kita akan mengambil gambar inframerah dari jarak jauh.

Comments :

0 komentar to “Kamera Inframerah”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda