Senin, 12 Januari 2009

Gangguan Latar Belakang

Jika emisivitas benda yang akan diukur rendah dan ada radiasi dari latar belakang, faktor pantulan dari latar belakang tidak dapat diabaikan dan hal ini sering menyebabkan setting emisivitas yang salah pada kamera inframerah. Biasanya, pada kamera inframerah tersedia setelan untuk nilai temperatur latar belakang yang merupakan nilai kompensasi atas gangguan latar belakang .


Sinar inframerah dari obyek yang akan diukur memasuki kamera inframerah diikuti dari sinar-sinar inframerah dari obyek-obyek yang berdekatan. Untuk mengurangi pengaruh-pengaruh dari obyek yang berdekatan tersebut diperlukan fungsi-fungsi koreksi atas pantulan dari lingkungan pada kamera inframerah. Juga, jika ingin mendapatkan data suhu yang akurat, maka perlu untuk meminimalkan pengaruh lingkungan dengan cara-cara seperti berikut :

  1. Memperpendek jarak antara obyek yang diukur dengan kamera inframerah. Tentu saja dengan memperhatikan jarak yang aman bagi kamerawan dan alatnya.
  2. Hindari obyek-obyek bertemperatur tinggi dibelakang obyek yang diukur, misalnya sinar matahari di belakang obyek yang diukur.
  3. Hindari sinar matahari masuk langsung ke kamera inframerah
  4. Hindari debu atau uap (yang melemahkan sinyal inframerah) antara obyek yang diukur dengan kamera inframerah

Comments :

0 komentar to “Gangguan Latar Belakang”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda