Rabu, 17 Desember 2008

Radiasi Panas

Konsep radiasi panas agak berdasarkan intuisi. Jika kita merasakan panas dari suatu benda tanpa kita menyentuh benda tersebut, itulah yang disebut radiasi panas.


Semua benda yang bertemperatur di atas nol mutlak (-273,15 0 C atau -459.690K) akan memiliki energi panas sesuai dengan temperaturnya dan akan memancarkan sebagian energi tersebut sebagai energi inframerah. Semakin tinggi temperatur benda akan semakin banyak energi yang dipancarkannya.


Suatu benda juga akan dipanaskan jika terjadi penyerapan gelombang inframerah. Tubuh manusia mampu memancarkan dan menyerap gelombang inframerah. Inilah yang menyebabkan kita merasa hangat di waktu terik matahari. Pancaran inframerah tersebut berasal dari matahari melewati ruang hampa dan atmosfir dengan kecepatan cahaya akhirnya mengenai badan kita.


Radiasi thermal didefinisikan sebagai radiasi gelombang elektomagnet yang dipancarkan dari permukaan suatu benda karena temperatur benda tersebut. Radiasi thermal dibangkitkan saat energi panas yang berkaitan dengan pergerakan partikel-partikel atom yang bermuatan di dalam benda diubah menjadi radiasi elektromagnetik pada permukaan benda tersebut.


Frekuensi atau panjang gelombang dari radiasi panas ada berbagai bagian kemungkinan tergantung dari temperatur benda. Untuk benda “blackbody” sesuai dengan hukum radiasi Plank. Hukum Wiens menunjukkan frekuensi yang paling mungkin untuk pancaran radiasi dan hokum Stefan-Boltzmann menunjukan intensitas panasnya.


Radiasi Elektromagnetis


Radiasi elektromagnetis (EM) adalah gelombang dalam ruang hampa yang mengalami pergeseran sendiri (self propagating ) dengan komponen listrik dan magnetnya. Komponen-komponen ini berosilasi pada sudut yang sama antara satu dengan yang lain searah dengan pergeserannya dan sefasa antara satu dengan yang lain .


Radiasi elektromagnetis diklasifikasikan berdasarkan tipe frekuensi (panjang gelombang). Tipe ini mencakup, sesuai peningkatan frekuensinya, gelombang radio, microwaves, radiasi terahertz, radiasi inframerah, cahaya tampak, radiasi ultraviolet, x-rays dan gamma rays.
Panjang gelombang suatu gelombang elektromagnetis dalam ruang hampa berdasarkan frekuensinya dirumuskan :

  • f = c / λ
  • f = frekuensi dalam Hz
  • c = kecepatan cahaya dalam ms-1
  • λ = panjang gelombang dalam m

Termometer radiasi mengukur temperatur benda dengan mengukur energi elektromagnet yang dipancarkannya.

Comments :

0 komentar to “Radiasi Panas”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda