Jumat, 24 Oktober 2008

Suhu

Suhu adalah pengukuran yang sering dilakukan untuk semua objek di dunia ini.
Tetapi sebelumnya apakah suhu sebenarnya?, untuk mengetahuinya perlu tahu mengenai energi panas, kalor dan suhu itu sendiri.


Energi panas adalah jumlah energi kinetik yang dikandung oleh molekul-molekul objek. Molekul molekul dalam benda selalu bergerak acak. Jika terjadi tumbukan pada molekul-molekul tersebut akan terjadi peralihan energi. Hal ini berarti benda yang panas memiliki molekul-molekul yang bergerak cepat. Energi panas selalu berpindah dari bagian benda yang bersuhu tinggi ke bagian benda yang bersuhu rendah. Ini terjadi karena molekul molekul benda yang lebih panas rata-rata bergerak lebih cepat daripada molekul benda yang lebih dingin.

Proses peralihan energi antar benda atau objek disebut kalor. Kalor juga sering didefinisikan energi panas yang berpindah akibat perbedaan suhu. Kalor merupakan aliran energi dari benda yang tingkat energinya lebih tinggi ke benda yang tingkat energinya lebih rendah.

Suhu didefinisikan ukuran rata-rata energi kinetik dari molekul-molekul objek. Alat ukur suhu tidak mengukur energi kinetic total dari objek tetapi hanya rata-ratanya. Maka dapat dikatakan bahwa thermometer hanya mengukur suhu bukan energi panas. Tetapi suhu akan menunjukkan arah aliran dari kalor.

Comments :

0 komentar to “Suhu”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Termografi untuk Anda